Innovative Entrepreneurship Challenge

Deadline : 2 Februari 2008

Pendahuluan

Fenomena dewasa ini menunjukkan bergesernya tumpuan ekonomi dari berbasis sumber daya alam menjadi berbasis pengetahuan. Fenomena diatas menuntut kita mempersiapkan generasi muda untuk menjadi para entrepreneur berbasis ilmu pengetahuan.

Melihat fenomena diatas, Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB berinisiatif untuk mengadakan acara yang mendorong mahasiswa untuk mencurahkan bakat, ide, dan usahanya untuk membentuk usaha baru dari inovasi yang mereka hasilkan yang kemudian diharapkan dapat berkontribusi besar pada perkembangan perguruan tinggi dan perekonomian negara. Inisiatif itu diwujudkan dalam Kompetisi Inovasi Wirausaha bagi mahasiswa.

PRAKTEK entrepreneurship tidak hanya memeberikan manfaat bagi pribadi-pribadi yang mempraktekkannya, akan tetapi juga kepada lingkungan disekitarnya, yaitu berupa penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Sehingga lebih lanjutnya mampu menciptakan daya saing bangsa, seperti yang telah terbukti di negara-negara maju di dunia.

Sekarang, setelah dua kali pelaksanaan, kompetisi ini telah mengundang mahasiswa dari seluruh penjuru nusantara untuk mengajukan rencana bisnisnya. Dan melalui seleksi yang ketat dan penjurian yang dilakukan oleh panel yang terdiri dari entrepreneur berpengalaman, pemodal ventura, dan para profesional dalam bidang yang berkaitan, kompetisi ini telah menghasilkan beberapa pemenang yang telah memulai bisnisnya, dan telah membimbing mereka dengan bantuan partner mentor dan para investor.

Peserta
  1. Pada pelaksanaan pertama kali, kompetisi ini telah diikuti oleh 198 tim mahasiswa yang berasal dari universitas-universitas di Pulau Jawa.
  2. Dan pada pelaksanaan kedua, kompetisi ini diikuti oleh 211 tim mahasiswa yang berasal dari universitas-universitas di seluruh Indonesia.
  3. Sasaran kompetisi tahun ini adalah mahasiswa dari universitas-universitas di seluruh Indonesia baik dari jenjang D-1, D-2, D-3, maupun S-1.
Kualifikasi Peserta

Mahasiswa se-Indonesia dari seluruh strata pendidikan (D1 s.d. S1) dengan ketentuan:

  1. Masih berstatus mahasiswa saat pendaftaran (untuk alumni maksimal telah lulus selama 1 tahun saat pendaftaran)
  2. Tim beranggotakan 3 orang. Sangat dianjurkan anggota tim berasal dari latar belakang pendidikan yang beragam (manajemen, marketing, design, teknologi, dll)
  3. Anggota tim boleh berasal dari program studi, perguruan tinggi atau strata pendidikan yang berbeda
Penalti

Peserta yang melakukan manipulasi/pemalsuan untuk dapat memenuhi persyaratan kualifikasi atau melanggar ketentuan – ketentuan lainnya dalam IEC3 ITB akan langsung didiskualifikasi dan tidak berhak meneruskan IEC3 ITB ke tahap selanjutnya.

Fasilitas Peserta
  1. Semua tim peserta yang lolos seleksi tahap 1 (semifinalis), wajib mengikuti workshop di Bandung, dengan biaya transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan ditanggung panitia.
  2. Semua tim peserta yang lolos seleksi tahap 2 (finalis), wajib mengikuti forum presentasi final, Mentorship, dan temu bisnis dengan biaya transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan ditanggung panitia.
  3. Finalis juga berhak mencari invesetasi langsung dari investor pada forum temu bisnis, dan investasi yang didapatkan merupakan hak finalis sepenuhnya
  4. Para juara terpiih berhak atas hadiah dan penghargaan :
    • Juara 1 senilai Rp 20.000.000,00
    • Juara 2 senilai Rp 15.000.000,00
    • Juara 3 senilai Rp 10.000.000,00

Skema Acara

  1. Seleksi tahap pertama
  2. Seleksi tahap kedua
Deskripsi Acara

Pelaksanaan IEC3 ITB 2007-2008 akan dibagi dalam 3 rangkaian :

TAHAP I
    Seminar 1
    1. Sasaran seminar adalah seluruh mahasiswa se-Indonesia.
    2. Seminar diadakan sebagai stimulan awal pembentuk jiwa- jiwa entrepreneur. Seminar akan diisi oleh pengusaha – pengusaha sukses bertaraf nasional.
    3. Seminar akan diadakan pada.
    4. Seminar ini menandai dibukanya rangkaian acara IEC3 ITB.
    Pendaftaran dan Pengiriman Executive Summary (ES)
    1. Tahap pendaftaran dan pengiriman ES dibuka pada Jumat, 14 Desember 2007 dan ditutup Sabtu, 2 Februari 2008
    2. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara online melalui situs http:\\iec.km.itb.ac id
    3. Tim peserta yang telah terdaftar akan diumumkan di situs resmi IEC3 ITB. Tim kontestan yang terdaftar adalah yang telah mengisi formulir pendaftaran sesuai ketentuan dan mengirimkan Executive Summary sesuai dengan ketentuan.
    4. Peserta yang lolos ke tahap berikutnya akan diumumkan pada Minggu, 11 februari 2008 di situs resmi IEC3 ITB.
TAHAP II
    Penulisan dan Seleksi Bussiness Plan (BP)
    1. Tahap penulisan dan seleksi BP dimulai Senin, 12 Februari 2008 dan ditutup pada Rabu, 12 Maret 2008.
    2. Tim peserta wajib mengirimkan Business Plan berupa soft copy (via web).
    Workshop
    1. Waktu pelaksanaan workshop dan pelatihan pada Jumat, 22 Februari 2008 sampai Sabtu, 23 Februari 2008. Akomodasi selama workshop ditanggung oleh panitia.
    2. 30 tim yang lolos ke tahap kedua wajib mengikuti workshop di Bandung.
    3. Workshop ditujukan sebagai pembekalan bagi peserta IEC3 ITB untuk memberikan gambaran mengenai penyusunan proposal bisnis, serta semua aspek yang menunjang perealisasian proposal bisnis tersebut. Workshop ini pun diadakan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai dunia usaha dengan mengundang para trainer dan pembicara yang kompeten.
    Product Selling
    1. The Product Selling dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2008.
    2. Kegiatan ini bertujuan menguji kemampuan para peserta untuk memasarkan produk yang akan ditentukan oleh panitia.
    3. Peserta yang lolos ke tahap berikutnya akan diumumkan pada Sabtu, 22 Maret 2008 di situs resmi IEC3 ITB.
TAHAP III
    Final
    1. Peserta yang lolos ke tahap final ini berjumlah 10 tim.
    2. Pada tahap final, peserta diharapkan telah menyempurnakan Business Plan serta menyiapkan prototype/model karya inovasinya untuk dipresentasikan di hadapan publik dan Dewan Juri.
    3. Dalam mempersiapkan presentasi final, finalis berhak mendapatkan bimbingan dari para mentor yang telah disediakan oleh panitia atau tim merekomendasikan mentor lain kepada panitia untuk dipertimbangkan.
    4. Bimbingan dari mentor sudah dapat diperoleh terhitung sejak pengumuman finalis (Sabtu 22 Maret 2008). Bentuk bimbingan antara finalis dan mentor berdasarkan pada kesepakatan antara kedua belah pihak.
    Presentasi Final
    1. Finalis wajib mengikuti seluruh rangkaian acara IEC3 ITB.
    2. Presentasi final dilakukan pada Jumat, 18 April 2008 di Kampus ITB, Bandung.
    3. Para pemenang IEC3 ITB ditentukan berdasarkan hasil penilaian dari Dewan Juri dan presentasi final.
    Temu Bisnis
    1. Temu bisnis akan diadakan pada Sabtu, 19 April 2008.
    2. Acara ini merupakan pertemuan antara peserta dan investor.
    Pameran
    1. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan temu bisnis dan presentasi final.
    2. Pada pameran ini akan dipamerkan produk-produk dari para finals IEC3 ITB. Pameran ini juga berisi stand dari para sponsor dan beberapa perusahaan pendanaan.
    Seminar
    1. Dilaksanakan pada Minggu, 22 April 2007
    2. Sasaran seminar adalah seluruh mahasiswa se-Indonesia.
    3. Acara ini menjadi acara penutup dalam rangkaian acara IEC3 ITB. Seminar ini menekankan pentingnya sebuah visi besar dalam sebuah bisnis.
    4. Pada seminar ini akan diumumkan pemenang IEC3 ITB.
    5. Seminar ini menandai ditutupnya rangkaian acara IEC3 ITB.

Sumber : http://iec.km.itb.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: